Rangkuman Materi Bab 1 - Bab 7
Bab 1 : Konsep Media
Interaktif
Definisi
Multimedia Interaktif
Definisi Multimedia Interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi dan surara.
2. Manfaat Multimedia Interaktif
·
Proses pembelajaran lebih menarik
·
lebih interaktif
·
Jumlah waktu mengajar dapat dikurangi
3. Tool dan penggunaannya
Multimedia Authoring Tool adalah paket perangkat lunak yang dapat
dipergunakan untuk membuat dan menyiapkan paket penyampaian
konten multimedia ( gabungan dari , teks, gambar , grafik,
suara, animasi, dan video ) kepada pengguna.
Bab 2 : Storyboard dan Anatomi Halaman web
· Storyboard --> Untuk mendiskripsikan proyek multimedia intraktif dalam bentuk kata kata dan sketsa.
· Anatomi halaman web --> Untuk mengetahui elemen -elemen pada web.
v
elemen
-elemen pada web :
1. Header : bagian
dari halaman web yang membungkus semua komponen halaman web.
2. Logo : berisi
identitas perusahaan, organisasi, dan pemilik situs.
3. Navigasi (navigation)
:
bagian penting dari situs yang memudahkan pengunjung
berpindah pindah halaman.
4. Content
atau isi : memuat sebagian besar informasi disajikan.
5. Footer :
bagian bawah dan berisi informasi pemilik situs (copyright)
dan beberapa link.
6. White
space : area kosong yang membatasi antar
komponen. White space menjadi penting agar pengunjung mempunyai ruang berhenti
di antara bagian-bagian situs yang lain. Whitespace dapat diisi dengan banner
atau animasi.
Bab 3 : Desain User Interface pada Halaman Web
· Prinsip-prinsip user interface :
1.
User
compatibility
Antarmuka merupakan cara masuk ke sebuah sistem. karena
perancang ini harus menyesuaikannya dan tidak mementingkan secara
pribadi.
2.
Product
compatibility
Aplikasi yang sesuai dengan sistemnya pada interface berbeda
dengan sistem yang manual yang menghasilkan hasil yang lainnya.
3.
Task
compatibility
Aplikasi yang membantu para pengguna dalam menyelesaikan
pekerjaannya. Pengguna akan mendapati pemilihan dan pemikiran yang mudah.
4.
Work flow
compatibility
Sistem manual yang terdapat langkah kerjanya dalam hal penyelesaian
tugas. Dengan work flow compatibility ini bisa memudahkan pengguna dalam
percepatan tugasnya.
5.
Consistency
Sistem yang ada harus sesuai barangnya yang di dasarkan kepada
setiap sifat dari semua orang yang berbeda.
6. Familiarity
Memberikan tampilan yang terkesan pada pengguna. Tampilan awal yang membuat para pengguna agar
tidak kebingungan dalam penggunannya.
7.
Simplicity
Memberikan sistem sederhana yang tidak membuat si
pengguna kebingungan. Hal yang membuat si pengguna bosan ialah
dengan sistem yang tidak sederhana atau bisa di bilang dengan
berbelit. Tetapi si pengguna akan merasa senang apabila sistem itu
mempunyai nilai kesederhanaan.
8.
Direct
manipulation
Pengguna sangat ingin mempunyai suatu media yang dapat melakukan
suatu kemajuan terhadap sistemnya dan dapat di sesuaikan dengan
kebutuhannya itu.
9. Control
Prinsip ini sama dengan sifat user yang mempunyai pemikiran yang bisa berganti. Karena itu harus
merancang suatu keadaan yang dapat mengatasi itu.
10. WYSIWYG
Sistem yang satu ini mempunyai arti ialah apa yang
kamu lihat itulah yang kamu dapatkan.
11. Flexibility
Fleksibel merupakan bentuk kelenturan dari penyelesaian pada
saat menyelesaikan masalah.
12. Responsiveness
Setelah memasukkan data ke sistem melalui interface,
sebaiknya sistem akan memberi kerjaan dari hasil data yang dimasukkan.
13. Invisible Technologi
Secara pemikiran, si pemakai memiliki rasa ingin tahu
terhadap kehebatan dari sistem yang ada.
14. Robutness
Pembangunan antar muka dapat berupa
frase – frase menu atau eror handing yang sopan.
15. Protection
Suasana nyaman perlu diciptakan
diantarmuka.
16. Ease Of Learning And Ease Of Use.
• Kemudahan dalam mengoperasikan
software hanya dengan memandangi atau belajar beberapa jam saja.
• Kemudahan dalam memahami icon,
menu-menu, alur data software, dsb.
• Sesudah mempelajari, user dengan
mudah dan cepat menggunakan software tersebut. Jika sudah memahami tentunya
akan membantu proses menjalankan sistem dengan cepat dan baik.
Bab 4 : Mengenal Web Desain.
Merupakan perangkat lunak untuk
membangun isi halaman web. Contoh sofware web desain : Adobe Dreameweaver,
Adobe Fire Work, dan Microsoft Pronpage.
Fasilitas dan kempuan Dreameweaver adalah
mampu meningkatkan produktivitas dan efektivitas dalam desain maupun
membangun situs web.
Bab 5 : Menggabungkan Image , Animasi
, Audio, dan Video.
Menggabungkan unsur
media interaktif kehalaman web menggunakan coding atau sering disebut
html. HTML menjadi
HTML menjadi
suatu standar bahasa program yang digunakan untuk menampilkan dokumen-dokumen
web. Secara umum, HTML digunakan untuk:
1. mengontrol tampilan
dari halaman web dan isinya (content).
2. mempublikasikan
dokumen secara online, sehingga bisa diakses dari seluruh dunia.
3. membuat online form
yang bisa digunakan untuk menangani pendaftaran dan transaksi secara online.
4. menambahkan
objek-objek, seperti gambar, audio, video, dan juga Java Applet dalam dokumen
HTML.
Bab 6 : Style Pada Multimedia Interaktif.
· Terdapat Banyak style multimrdia interaktif. contoh :
Tutorial Model tutorial adalah salah
satu jenis model pembelajaran yang memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan,
dan tabel.
·
Drill and
practice
Model drill and practice menganggap bahwa konsep dasar telah
dikuasai oleh pengguna dan mereka sekarang siap untuk menerapkan
rumus-rumus, bekerja dengan kasus-kasus konkret, dan menjelajahi
daya tangkap mereka terhadap materi.
·
Simulasi
Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuatu
(keterampilan) sehingga pengguna merasa seperti berada dalam keadaan yang
sebenarnya.
·
Instructional
games
Model ini
jika didesain dengan baik dapat memanfaatkan sifat kompetitif pengguna untuk
memotivasi
dan meningkatkan belajar.
·
Hybrid dan Socratic
Model hybrid adalah gabungan dari dua atau lebih model
multimedia pembelajaran.
·
Inquiry
dan Informational
Model Inquiry adalah
suatu sistem pangkalan data yang dapat dikonsultasikan oleh pengguna,
dimana pangkalan data tersebut berisi data yang dapat memperkaya pengetahuan
pengguna.
Bab
7 : Review Produk WEB Desain Media Interaktif.
1. Pengenalan Website
Orang mengenal
web dengan sebutan WWW (world wide web), World Wide Web
adalah layanan internet
yang populer saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara
luas setelah adanya
layanan WWW.
2. Cara Kerja Website
cara kerja web secara
umum adalah sebagai berikut:
a. Informasi web
disimpan dalam dokumen dalam bentuk halaman-halaman web (web
page).
b. Halaman web disimpan
dalam computer server.
c. di pihak pemakai ada
komputer yang bertindak sebagai computer client yang
untuk membaca
halaman web yang ada di server web (browser).
d. Browser membaca
halaman web yang ada di server web.
3. Unsur Website
a) Nama Domain (Domain Name/URL-Uniform Resource Locator)
Nama domain adalah alamat yang digunakan untuk menemukan
sebuah website. Contohnya http://wwww.gurupendidikan.co.id.
b) Rumah Tempat Website (Web Hosting)
Web hosting disebut dengan rumah
penyimpanan data base contoh seperti teks, gambar video dll.
c) Bahasa Program (Scripts Program)
Adalah bahasa yang digunakan untuk
menerjemahkan dalam website.
d) Desain Website
e) Publikasi Website
f) Pemeliharaan Website
4. Fungsi Website
Secara umum, situs web mempunyai berbagai fungsi yaitu
:
1. Fungsi Komunikasi dan informasdi.
2. Fungsi Entertainment
3. Dan Fungsi Transaksi
0 Komentar