Advertisement

Main Ad

Rangkuman Materi Bab 1 - Bab 7

 Rangkuman Materi Bab 1 - Bab 7



Bab 1 : Konsep Media Interaktif 

Definisi Multimedia Interaktif

       Definisi Multimedia Interaktif adalah media yang menggabungkan teks, grafik, video, animasi dan surara.

    2. Manfaat Multimedia Interaktif

·         Proses pembelajaran lebih menarik

·         lebih interaktif 

·         Jumlah waktu mengajar dapat dikurangi

    3. Tool dan penggunaannya 

        Multimedia Authoring Tool adalah paket perangkat lunak yang dapat dipergunakan untuk membuat  dan menyiapkan paket penyampaian konten multimedia ( gabungan dari , teks, gambar , grafik, suara, animasi, dan video ) kepada pengguna.


Bab 2 : Storyboard dan Anatomi Halaman web

· Storyboard --> Untuk mendiskripsikan proyek multimedia intraktif dalam bentuk kata kata dan  sketsa.

·   Anatomi halaman web --> Untuk mengetahui elemen -elemen  pada web.

v   elemen -elemen  pada web :

1.  Header : bagian dari halaman web yang membungkus semua komponen halaman web.

2.  Logo : berisi identitas perusahaan, organisasi, dan pemilik situs.

3. Navigasi (navigation) : bagian penting dari situs yang memudahkan pengunjung berpindah pindah halaman.

4.  Content atau isi : memuat sebagian besar informasi disajikan.

5.  Footer : bagian bawah dan berisi informasi pemilik situs (copyright) dan beberapa link.

6. White space : area kosong yang membatasi antar komponen. White space menjadi penting agar pengunjung mempunyai ruang berhenti di antara bagian-bagian situs yang lain. Whitespace dapat diisi dengan banner atau animasi. 


Bab 3 :  Desain User Interface pada Halaman Web 

  ·  Prinsip-prinsip user interface : 

1.        User compatibility

Antarmuka merupakan cara masuk ke sebuah sistem. karena perancang ini harus  menyesuaikannya dan tidak mementingkan secara pribadi.

2.        Product compatibility

Aplikasi yang sesuai dengan sistemnya pada interface berbeda dengan sistem yang manual yang menghasilkan hasil yang lainnya. 

3.        Task compatibility

Aplikasi yang membantu para pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya. Pengguna akan mendapati pemilihan dan pemikiran yang mudah.

4.        Work flow compatibility

Sistem manual yang terdapat langkah kerjanya dalam hal penyelesaian tugas. Dengan work flow compatibility ini bisa memudahkan pengguna dalam percepatan tugasnya.

5.        Consistency

Sistem yang ada harus sesuai barangnya yang di dasarkan kepada setiap sifat dari  semua orang yang berbeda.

6.        Familiarity

Memberikan tampilan yang terkesan pada pengguna. Tampilan awal yang membuat para pengguna agar

tidak kebingungan dalam penggunannya.

7.        Simplicity

Memberikan sistem sederhana yang tidak membuat si pengguna kebingungan. Hal  yang membuat si pengguna bosan ialah dengan sistem yang tidak sederhana atau bisa di bilang dengan berbelit. Tetapi si pengguna akan merasa senang apabila sistem itu mempunyai nilai kesederhanaan.

8.        Direct manipulation

Pengguna sangat ingin mempunyai suatu media yang dapat melakukan suatu kemajuan terhadap sistemnya dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhannya itu.

9.        Control

Prinsip ini sama dengan sifat user yang mempunyai pemikiran yang bisa berganti. Karena itu harus

merancang suatu keadaan yang dapat mengatasi itu.

10.    WYSIWYG

Sistem yang satu ini mempunyai arti ialah apa yang kamu lihat itulah yang kamu dapatkan.

11.    Flexibility

Fleksibel merupakan bentuk kelenturan dari penyelesaian pada saat menyelesaikan masalah.

12.    Responsiveness

Setelah memasukkan data ke sistem melalui interface, sebaiknya sistem akan memberi kerjaan dari hasil data yang dimasukkan.

13.    Invisible Technologi

Secara pemikiran, si pemakai memiliki rasa ingin tahu terhadap kehebatan dari sistem yang ada.

14.    Robutness

Pembangunan antar muka dapat berupa frase – frase menu atau eror handing yang sopan.

15.    Protection

Suasana nyaman perlu diciptakan diantarmuka.

16.    Ease Of Learning And Ease Of Use.

• Kemudahan dalam mengoperasikan software hanya dengan memandangi atau belajar beberapa jam saja.

• Kemudahan dalam memahami icon, menu-menu, alur data software, dsb.

• Sesudah mempelajari, user dengan mudah dan cepat menggunakan software tersebut. Jika sudah memahami tentunya akan membantu proses menjalankan sistem dengan cepat dan baik.

 

Bab 4 : Mengenal Web Desain.

Merupakan perangkat lunak untuk membangun isi halaman web. Contoh sofware web desain : Adobe Dreameweaver, Adobe Fire Work, dan Microsoft Pronpage.

Fasilitas dan kempuan Dreameweaver adalah mampu meningkatkan produktivitas dan  efektivitas dalam desain maupun membangun situs web.


Bab 5 : Menggabungkan Image , Animasi , Audio, dan Video.

Menggabungkan unsur media interaktif kehalaman web menggunakan coding atau sering disebut html. HTML menjadi

HTML menjadi  suatu standar bahasa program yang digunakan untuk menampilkan dokumen-dokumen web. Secara umum, HTML digunakan untuk: 

1. mengontrol tampilan dari halaman web dan isinya (content).

2. mempublikasikan dokumen secara online, sehingga bisa diakses dari seluruh dunia.

3. membuat online form yang bisa digunakan untuk menangani pendaftaran dan transaksi secara online.

4. menambahkan objek-objek, seperti gambar, audio, video, dan juga Java Applet dalam dokumen  HTML.


Bab 6 : Style Pada Multimedia Interaktif.

·         Terdapat Banyak style multimrdia interaktif. contoh :

        Tutorial Model tutorial adalah salah satu jenis model pembelajaran yang memuat penjelasan, rumus, prinsip, bagan, dan tabel.

·           Drill and practice  

        Model drill and practice menganggap bahwa konsep dasar telah dikuasai oleh pengguna  dan mereka sekarang siap untuk menerapkan rumus-rumus, bekerja dengan kasus-kasus konkret, dan menjelajahi daya tangkap mereka terhadap materi.

·           Simulasi 

        Simulasi digunakan untuk memperagakan sesuatu (keterampilan) sehingga pengguna merasa seperti berada dalam keadaan yang sebenarnya.

·           Instructional games

   Model ini jika didesain dengan baik dapat memanfaatkan sifat kompetitif pengguna untuk

   memotivasi dan meningkatkan belajar.

·           Hybrid   dan Socratic

   Model hybrid adalah gabungan dari dua atau lebih model multimedia pembelajaran.

·           Inquiry dan  Informational

Model Inquiry adalah suatu sistem pangkalan data yang dapat dikonsultasikan oleh pengguna, dimana pangkalan data tersebut berisi data yang dapat memperkaya pengetahuan pengguna.

 

Bab 7 : Review Produk WEB Desain Media Interaktif.

    1. Pengenalan Website

Orang  mengenal web dengan sebutan WWW (world wide web), World Wide Web

adalah layanan internet yang populer saat ini internet mulai dikenal dan digunakan secara

luas setelah adanya layanan WWW.

     2. Cara Kerja Website

cara kerja web secara umum adalah sebagai berikut:

a. Informasi web disimpan dalam dokumen dalam bentuk halaman-halaman web (web

page).

b. Halaman web disimpan dalam computer server.

c. di pihak pemakai ada komputer yang bertindak sebagai computer client yang

 untuk membaca halaman web yang ada di server web (browser).

d. Browser membaca halaman web yang ada di server web.

    3. Unsur Website

      a) Nama Domain (Domain Name/URL-Uniform Resource Locator) 

Nama domain adalah alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website. Contohnya  http://wwww.gurupendidikan.co.id.

        b) Rumah Tempat Website (Web Hosting)

Web hosting disebut dengan rumah penyimpanan data base contoh seperti teks, gambar video dll.

        c) Bahasa Program (Scripts Program)

            Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan dalam website.

        d) Desain Website

        e) Publikasi Website

        f) Pemeliharaan Website

    4. Fungsi Website

        Secara umum, situs web mempunyai berbagai fungsi yaitu :

        1. Fungsi Komunikasi dan informasdi.

        2. Fungsi Entertainment

        3. Dan Fungsi Transaksi

         

 

Posting Komentar

0 Komentar